Atikah Luthfiyyah

Manfaat tanaman di rumah.

t

anaman dapa

t

membua

t

rumah ki

t

a wangi a

t

au sebagai penggan

t

i wewangian seper

t

i

t

anaman mela

t

i, mawar, dll. Kita dapat mempercantik rumah dengan adanya tanaman hias. Agar tak terlalu berat, biasanya rak memuat pot bertumbuhan kecil dan berbunga. Seperti adenium dan euphorbia, dua tanaman yang tengah naik daun. Boleh juga Aglaonema, tanaman berdaun merah dan hijau, serta bunga aster warna-warni dan anthurium. Bisa juga kita menanam tanaman obat obatan yang berguna atau yang sering disebut sebagai apotik hidup. Manfaat tanaman obat di pekarangan rumah:

Tuhan menciptakan makhluk hidup saling berkaitan atau berhubungan antara manusia hewan dan tumbuhan. Tanaman dirumah selain sedap dipandang, juga memberikan kesegaran udara. Tanaman juga memenuhi fungsi sebagai "peneduh" dan filter “penyaring” debu dan udara.

1. Menjaga kelangsungan keanekaragaman haati di indonesia

2. Mendapatkan sumber obat obatan dari rumah

3. Menerapkan gaya hidup ramah lingkungan

4. Menambah nilai estetika di rumah

Tanaman obat yang dapat di tanam di pekarangan rumah adalah jahe, lidah bua, temulawak, kencur, kunir, mahkota dewa, belimbing, bunga matahari, baam, rambutan, jeruk nipis, ceremai, sirsak, nanas, dll.

Tanaman yang dipelihara di pekarangan rumah tidak memerlukan perawatan khusus, baik sebagai bumbu dapur atau bahan obat. Perlakuan khusus dalam budi daya tanaman obat dilakukan dalam skala usaha, dengan tujuan untuk memperoleh kualitas dan kuantitas hasil yang optimum. Kegiatan pemupukan dan pengandalian hama penyakit tanaman perlu dilakukan. Kegiatan ini sangat erat hubungannya dengan penggunaan bahan kimiawi yang terkandung dalam pupuk ataupestisida. Pemakaian bahan kimiawi dapat mencemari lingkungan, baik tanah maupun air, dan yang paling berbahaya residu yang dihasilkan akan terakumulasi dalam produk tanaman yang dihasilkan. Untuk itu, perlu diperkenalkan sistem budi daya yang tidak tergantung pada bahan-bahan kimia. Sistem ini dikenal dengan istilah pertanian organik. Dalam budi daya tanaman obat dapat dimanfaatkan pupuk organik untuk menambah unsur hara mineral yang dibutuhkan tanaman. Pupuk organik yang digunakan di antaranya adalah pupuk kandang, bokhasi, kompos, humus, sampah dapur, dan serasah daun. Selain itu, sebagai bahan pengendali hama penyakit tanaman, dapat dimanfaatkan pestisida alami yang terdapat di sekitar rumah, seperti tanaman babadotan (Ageratum conyzoides),sirsak, lantana, dan daun tembakau.

2 Responses
  1. Bsf Admin Says:

    Tulisan nya terlalu kecil bun, but thanks untuk postingannya
    www.peluangproperti.com


  2. InTips Says:

    tanaman di rumah memberikan suasana menjadi lebih teduh.
    cara menyembuhkan penyakit maag secara total, asuransi unit link


Posting Komentar